<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://draft.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Saturday, December 22, 2007

Para Pencuri Hati

Ini sambungan dari keterkejutan saya di pagi hari, Jum’at 7 Desember yang lalu. Saat bergegas gosok gigi dan cuci muka untuk bersiap ke gym, lagu “Layang-layang” dan “Romo ono maling”, meski amburadul tidak taat lirik, sangat lekat di ujung lidah dan segala penjuru otak saya. Namun meski saya ikut berdendang, hati saya tidak bisa berdalih. Ada sesuatu yang sedang mengganggu; meski tidak sampai pusing tujuh keliling. Mo, mo, mo, mo, Romo, ono maling; yen aku edan opo Romo ra kelangan. Mo, mo, mo, mo, Romo, ono maling; thelak thelik atiku ora karuan...

Hati saya cemas memikirkan bagaimana saya mengakhiri tahun 2007 ini karena banyak perubahan yang terjadi setahun ini yang benar-benar di luar dugaan. Tahun 2007 boleh dianggap sebagai tahun turun naik, meski turunnya masih bisa disiasati untuk bisa kembali melompat naik. Tahun 2007 juga merupakan tahun dengan twist terbanyak, karena setiap pencapaian dan kebahagiaan langsung diikuti dengan teka-teki yang memusingkan. Kesulitan-kesulitan seakan mengintip setiap saat untuk kemudian segera menantang hidup saya dari segala sudut. Kesulitannya tidak saja yang besar, tapi juga yang kecil-kecil yang sudah membuat saya banyak kecolongan dalam waktu, tenaga dan biaya.

Terkadang saya berpikir, mungkin saya terlalu memaksakan banyak hal untuk bisa terwujud di tahun 2007. Saya sering ingin melawan dan tidak sabar untuk bisa melihat semuanya selesai dengan rapi dan sempurna. Bila mengingat semua ini, saya kembali yakin bahwa apapun usaha yang dilakukan, seharusnya diiringi dengan sikap sabar dan pasrah diri kepada Sang Penentu Nasib. Bila prosesnya sulit, jangan dilawan. Lebih baik diteliti dan dijalani satu per satu dengan memperhatikan situasi dan kondisi. Mo, mo, mo, mo, Romo, ono maling, ndang cekelen gawanen mrene jo dilawan.

Lantas, bagaimana saya akan mengakhiri tahun 2007 ini? Sebelum saya berangkat ke NZ, saya sudah bersiap-siap termasuk untuk menghadapi hal-hal yang terburuk sekalipun. Saya hanya memasrahkan hasil dari segala yang sudah saya usahakan selama paruh tahun 2007. Dan memang, satu per satu hambatan mulai terurai menjelang akhir tahun 2007. Campuran antara pencapaian dan halangan masih ada, namun semuanya mencair perlahan tapi pasti. Saya juga sudah mencoba meneropong kemungkinan dan kesempatan di tahun mendatang. Dan di akhir tahun ini sudah ada titik harapan yang Insya Alloh membuat awal hidup saya di tahun 2008 akan kembali lancar.

Nyekel maling pantese yo digebugi. Aduh Romo luwih becik aku mati. E, e, e, e, thole, malinge opo nggegirisi? Tobat Romo, malinge niku ayune setengah mati. Sing digondol opo? Niki sing gemandul niki. Gemandul sing ngendi? Niki sing ten njero niki. Njero sing ngendi? Niki lo sing ten njero dada. Ati kulo sing digowo lunga?

Pada tahun 2007 saya mati-matian berusaha menghindari para pencuri yang sudah mendatangkan halangan dan rintangan. Pada tahun 2008, kalau pun para pencuri itu tetap datang, saya mengharapkan semoga mereka adalah para pencuri hati yang membawa kebahagiaan dan ketentraman, bukan yang sebaliknya. Mungkin saya bahkan akan berburu para pencuri hati itu, bila memang tidak ada satupun yang menghampiri. Dari sekian banyak harapan bertemu para pencuri hati, mungkin ada 8 yang bisa saya sebutkan sekarang (sekaligus menjawab tag dari Ono) yaitu saya mengharapkan bertemu dengan para pencuri:
  1. Yang memikat hati saya dengan kesahajaan, kearifan dan kesabaran dalam bersikap dan menjalani hidup. Hal ini agar hidup saya selalu dekat dengan Sang Pencipta dan bisa berjalan dengan lancar.
  2. Yang memikat hati saya dengan banyak kesempatan emas dalam berkarier dan mengembangkan diri. Hal ini penting karena sudah saatnya bagi saya untuk move on, tidak belajar terus. Belajar memang tetap berjalan, tapi tidak menjadi roda utama hidup:-)
  3. Yang memikat hati saya dengan cinta dan kasih sayang, dan mampu memberikan semangat, keseimbangan, kebahagiaan dan nilai tambah hidup. Tidak perlu pencuri yang dimaksud begitu sempurna dalam memikat hati saya, karena ketulusan akan lebih bermakna (huhuy:P)
  4. Yang memikat hati saya dengan disain minimalis, sederhana, teduh, mudah perawatan, luas dan ketentraman. Lho? Ini terkait dengan tempat bernaung yang tetap, yang membuat hidup lebih settled ;-)
  5. Yang memikat hati saya dengan persahabatan, kebersamaan dan toleransi. Hal ini penting karena saya masih membuka hati untuk menerima banyak teman baru dan memupuk hubungan dekat dengan teman-teman lama.
  6. Yang memikat hati saya dengan kolesterol rendah, berat badan ideal, nafas panjang, mata bening, wajah segar-awet muda dan nilai tambah berupa bentuk badan yang ideal.
  7. Yang memikat hati saya dengan kosa kata yang membuat lidah saya semakian terlatih dan kaya dalam bercakap berbagai bahasa. Dan semoga saya bisa memutuskan, bahasa mana dulu yang akan saya pelajari: Spanyol, Mandarin, Arab, Perancis, atau Rusia.
  8. Yang memikat hati saya dengan banyak kesempatan mengunjungi berbagai tempat baru, baik di tanah air maupun di penjuru dunia.
Sebenarnya, masih ada 4 pencuri hati yang ingin saya temui juga di tahun 2008. Namun daftar ini tampaknya sudah cukup mewakili harapan dan keinginan terbesar yang saya miliki untuk tahun 2008. Semoga saya memperoleh rahmat dan perlindungan dalam menata kehidupan saya di tahun 2008 dan tahun-tahun mendatang, sehingga saya dapat mewujudkan semua harapan dan meraih kebahagiaan. Amin.

posted by Leo at 01:53

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004