<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Monday, January 28, 2008

Bookends

Bright Eyes
by Art Garfunkel

Is it a kind of dream,
Floating out on the tide,
Following the river of death downstream?
Oh, is it a dream?

There's a fog along the horizon,
A strange glow in the sky.
And nobody seems to know where you go.
And what does it mean?
Oh, is it a dream?

Bright eyes,
Burning like fire.
Bright eyes,
How can you close and fail?
How can the light that burned so brightly
Suddenly burn so pale?
Bright eyes.

Is it a kind of shadow,
Reaching into the night,
Wandering over the hills unseen?
Or is it a dream?

There's a high wind in the trees,
A cold sound in the air.
And nobody ever knows when you go.
And where do you start,
Oh, into the dark?

Bright eyes,
Burning like fire.
Bright eyes,
How can you close and fail?
How can the light that burned so brightly
Suddenly burn so pale?
Bright eyes.

Bright eyes,
Burning like fire.
Bright eyes,
How can you close and fail?
How can the light that burned so brightly
Suddenly burn so pale?
Bright eyes.

Menjelang akhir tahun lalu, saya pernah mencantumkan lirik lagu Bright Eyes yang dinyanyikan Art Garfunkel. Lagu yang menggambarkan proses kematian. Saya rasa, lagu ini cocok untuk mengenang kepergian Pak Harto.

Pertama kali mendengar berita bahwa Beliau meninggal, saya sedang menyetrika dan mendengar sayup-sayup suara tetangga membicarakan berita meninggalnya Pak Harto. Posisi dan tempat menyetrika langsung saya pindah ke depan tv, dan sepanjang siang-sore dan malam itu saya tidak beranjak dari depan tv. Innalilahi Wainna Ilahi Rajiun.

Kesan saya terhadap Beliau sangat dalam karena saya lahir dan besar di jaman pemerintahannya. Memang sulit untuk mengikuti semua ajaran Pancasila, UUD 45 dan lainnya yang disetting untuk setiap anak Indonesia dan harus dihafal mulai sejak SD sampai SMA. Memang hanya sedalam hafalan saja, saya baru bisa mengamalkan semua ajaran itu. Namun karena Beliau-lah saya bangga sudah lahir, tumbuh dan besar sebagai anak Indonesia. Saya juga menjadi tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan pertanian karena Beliau memperlihatkan kecintaannya pada upaya pemenuhan dan peningkatan pangan.

Saya juga merasa salut atas kemampuan Beliau memimpin, sehingga dalam negara ini hanya ada satu suara pemimpin. Amanat memimpin berjuta-juta penduduk yang beragam merupakan tanggung jawab yang besar namun berhasil Beliau jalankan. Memang tidak semua yang Beliau pikirkan dan jalankan sesuai dengan hati saya, namun saya menyadari bahwa Beliau adalah manusia biasa. Keunggulan selalu bersisian dengan kekurangan. Keputusan yang baik selalu bersisian dengan resiko. Jika suatu keputusan akan membuat satu hal menjadi baik, sering keputusan itu justru membuat hal lain menjadi korban. Suatu tanggung jawab yang berat untuk seorang pemimpin. Andaikan saya ada di posisi Beliau, mungkin saya sudah berjalan mundur sejak hari pertama.

Saya memiliki kalender meja yang setiap tanggalnya memiliki kata-kata arif dan bijak. Suatu kebetulan bahwa pada hari ini, Senin tanggal 28 Januari 2008, kata-kata bijak yang tercantum berbunyi: "Sebagaimana kita menutup mata orang yang meninggal secara pelan-pelan, kita harus membuka mata orang yang hidup secara pelan-pelan". Kini Pak Harto sudah menghadap Sang Pencipta. Semoga amal ibadah Beliau diterima Alloh SWT dan Beliau mendapat ampunan atas semua kesalahannya. Satu catatan sejarah sudah ditutup dan yang tertinggal adalah kenangan yang menjadi pelajaran bagi setiap orang yang masih diberi umur panjang untuk menapaki hari depan.

Bookends
by Simon and Garfunkel

Time it was, and what a time it was, it was
A time of innocence
A time of confidences
Long ago, it must be
I have a photograph
Preserve your memories
They're all that's left you

posted by Leo at 09:16

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004