<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Sunday, October 30, 2005

Smile

Akhirnya saya bisa menyelesaikan alih rekaman dalam bentuk tulisan. Pekerjaan yang tidak ringan karena saya harus melalui periode penuh kepenatan, kebosanan dan banyak gangguan-gangguan yang tampak kecil tapi memerlukan pikiran ekstra untuk menyelesaikannya. Terkadang saya berpikir, mungkin semua ini adalah cobaan selama bulan puasa. Alhamdulillah, satu per satu bisa diselesaikan. Saya bisa bernafas sedikit lega.

Terkadang saya ingin sekali bisa rileks bila menghadapi suatu masalah. Saya juga begitu iri melihat dan mendengar acara infomercial; suatu kebiasaan baru saat menikmati hidangan sahur. Format acara itu, termasuk editing gambar, pengakuan, dan susunan kata-katanya seperti mengatakan "coba dulu dan kamu akan baik-baik saja". Jika rambut rontok, ada obat penyuburnya. Jika kulit keriput, ada cream penghilang garis-garis umur. Kalau gendut, ada alat dan cara mudah untuk merampingkannya. Semua ada obatnya dan terkesan gamblang. Andai setiap usaha saya bisa seperti itu, betapa menyenangkan sekali hidup ini. Satu yang sering terlewat dari acara infomercial adalah deretan kata-kata ukuran mini yang menyatakan bahwa hasilnya berbeda-beda untuk setiap orang. Jadi, sesempurna dan sekeras apapun usaha saya, hasilnya masih ditentukan oleh nasib. Waktu yang berbeda, akan memberi hasil yang berbeda. Manusia hanya bisa berusaha.

Kalau demikian, saya baru merasa betapa nikmatnya hidup ini jika saya bisa tetap tenang dan tersenyum saat ada masalah muncul. Tapi senyum sering kali menjadi mahal jika saya sedang kesusahan. Tidak pernah rasanya saya tersenyum, setipis apapun itu, bila tiba-tiba ditubruk masalah. Yang ada hanyalah salah satu atau kombinasi dari ini: cemberut, mengerutkan dahi, jantung berdebar, berkeringat, mata terbelalak, melongo, hati ciut, lemas, lunglai, lesu, pucat, ditambah ucapan-ucapan terkejut, menyesal dan sedih. Tapi ini lumrah dan manusiawi juga karena masalah sering kali muncul tiba-tiba untuk baru disadari.

Yang diperlukan sebenarnya ketenangan untuk tidak terbawa arus suasana panik. Senyum sedikit, meski tidak sepenuh arti senyum Monalisa atau tidak sesumringah senyum Aming, mungkin sudah bisa menenangkan detak jantung, memperlancar pasokan oksigen dan mencegah tambahan kerutan-kerutan di wajah. Juga siapa tahu, senyum bisa mengurangi potensi bisul, baik yang timbul di wajah maupun di tempat-tempat tersembunyi akibat memendam emosi. Dibandingkan menangis dan marah yang juga bisa melepaskan emosi terpendam dan membuat lega, senyum lebih sedikit resikonya, tentu saja asalkan tidak terlalu overdosis.

Lantas, apa dengan berpuasa saya bisa lebih banyak tersenyum? Rasanya betul. Saat ada masalah di bulan puasa, saya cuma bisa menghela nafas, berpikir sebentar dan tersenyum, minimal dalam hati. Kalau ada yang berbuat dan berbicara kurang enak, saya pasrah saja. Mungkin karena lapar saya pasrah, tapi hal ini paling tidak sudah memberi sedikit jeda untuk tersenyum. Justru dengan cara seperti ini saya banyak mendapat senyuman dari orang. Kesabaran dibalas kesabaran. Saya jadi tersemangati untuk tersenyum. Toh ajakan tersenyum tidak membatalkan puasa; malah mungkin bisa menjadi amal dan dapat imbalan, seperti mendapat kenalan baru ;).

Jika sudah bisa saling senyum, berarti sudah saatnya untuk saling memaafkan, apalagi jika sudah melibatkan kekhilafan. Jangan dipendam lagi hal-hal yang dulu menjadi masalah dan pertentangan. Meski tidak akan jadi bisul, tapi uneg-uneg atau dendam hanya bisa menambah beban di kemudian hari. Agar lebih afdol, tersenyum dan ucapan minta maaf/memaafkan rasanya masih perlu disertai niat untuk rela, ikhlas dan membuka hati. Memaafkan tidak saja untuk orang lain, tapi juga untuk diri sendiri, karena saya sebagai pribadi mungkin menjadi pihak yang paling semena-mena terhadap diri sendiri.

Akhirnya, sambil tersenyum ikhlas, saya menutup tulisan singkat ini, serta menyampaikan dengan segala kerendahan hati:

Mohon maaf lahir dan bathin kepada semua teman-teman blog
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1426 H untuk rekan-rekan muslim
Minal 'aidin wal faizin
Taqobbal-Allahu minnaa wa minkum

Jangan lupa untuk tetap tersenyum, Cheers :)

Smile

(artist: Nat King Cole, words by John Turner and Geoffrey Parsons ,and music by Charlie Chaplin)

Smile though your heart is aching
Smile even though it's breaking
When there are clouds in the sky, you'll get by
If you smile through your fear and sorrow
Smile and maybe tomorrow
You'll see the sun come shining through for you

Light up your face with gladness
Hide every trace of sadness
Although a tear may be ever so near
That's the time you must keep on trying
Smile, what's the use of crying?
You'll find that life is still worthwhile
If you just smile

posted by Leo at 10:01

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004