<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Saturday, March 18, 2006

Ganti

Roger...ganti...gitu...ganti, semacam itulah pembicaraan tetangga sebelah rumah setelah memasang antena pemancar radio setinggi 10 meter dari dalam dapurnya. Setiap hari sepulang kerja, beliau langsung duduk manis dan bertukar sapa dengan teman-temannya di udara. Beberapa tetangga menjadi kesal karena sering sekali pembicaraan para anggota Orari menyela berbagai sinetron di tv.

Tapi semuanya segera berganti, trend berubah. Orari tidak lagi menjadi trend. Para tetangga pun bernafas lega dan suasana sedikit lebih hening. Tapi keheningan ini ternyata tidak bertahan lama karena tetangga di depan rumah saya punya hobby baru: menyetel lagu-lagu kasidahan keras-keras. Maklum, beliau baru saja ditunjuk jadi koordinator pengajian dan setiap minggu rajin mengundang para tetangga untuk menghadiri siraman rohani. Jadilah setiap hari Minggu pukul tujuh, selepas tetangga lain konser dengan irama senam kesegaran jasmani, saya sekeluarga harus bersabar mendengarkan lagu "perdamaian, perdamaian, perdamaian, perdamaian...banyak yang cinta damai, emmm ... lupa liriknya tapi lanjutannya kira-kira... bingung...bingung...memikirkan...". Sebenarnya lirik lagu itu tepat menggambarkan situasi saat itu. Tidak semua tetangga berdamai dan suka mendengarkan kasidahan keras-keras setiap hari minggu pagi, tapi semua masih cinta damai meski bingung-bingung memikirkan.

Bingung juga bila saya memikirkan begitu cepatnya perkembangan teknologi. Setiap bulan muncul jenis handphone baru, kamera baru, dll., yang lebih canggih dan banyak feature-nya. Beberapa bulan lalu juga ada orang datang untuk mengganti kulkas. Kami penghuni flat tidak pernah minta penggantian karena kulkas yang ada masih terbilang baru (2 tahun) dan ukurannya lebih besar. Tapi landlord tetap ingin mengganti selagi ada penawaran cicilan murah. Kulkas lama akan dilelang. Bukankah ini membuang uang?

Membuang uang...itulah yang saya lihat bila melihat suasana mall selalu tumpah ruah dengan orang membawa hasil belanja. Info-info diskon membuat orang begitu gesit pergi ke mall. Saya juga tertarik dengan info diskon, meski sering merasa tertipu karena diskonnya tidak seperti yang diiklankan. Tapi saya sering menasehati diri sendiri terutama saat window shopping dan tiba-tiba tertarik dengan barang baru: "Kamu tidak akan mati jika tidak beli/punya barang itu." Sering kali berhasil, meski kadang-kadang tetap tidak berhasil. Alasannya sering terkait dengan kebosanan saya.

Bosan, mungkin itu alasan orang sering berbelanja, membuang uang, berganti-ganti barang dan berganti-ganti hobby. Tapi mungkin dunia akan lebih membosankan, bila kita merasa bosan tapi tidak bisa melampiaskannya. Bosan mendorong orang untuk mencari sesuatu yang baru. Jadi lumrah saja, yang semula suka daging-sekarang suka sayur; yang dulu suka dangdut-sekarang suka nge-rap; yang dulu suka beli jamu dari si mbok jamu gendong-sekarang suka beli 'jamu gendong' di spa dan cafe; juga dari KB (keluarga berencana) totok-sekarang KB millennium (Keluarga Besar, dengan tambahan anak, istri, pacar ke-1, pacar ke-2, dll). Semua berganti dalam putaran yang semakin cepat, dalam kebosanan yang semakin mendesak, dalam melimpahnya cara dan benda untuk mengganti kebosanan. Roger...roger... gitu...ganti...

Bad Day
by Daniel Powter

Where is the moment we need at the most
You kick up the leaves and the magic is lost
They tell me your blue skies fade to grey
They tell me your passion's gone away
And I don't need no carryin' on

You stand in the line just to hit a new low
You're faking a smile with the coffee to go
You tell me your life's been way off line
You're falling to pieces every time
And I don't need no carryin' on

Cause you had a bad day
You're taking one down
You sing a sad song just to turn it around
You say you don't know
You tell me don't lie
You work at a smile and you go for a ride
You had a bad day
The camera don't lie
You're coming back down and you really don't mind
You had a bad day
You had a bad day

Well you need a blue sky holiday
The point is they laugh at what you say
And I don't need no carryin' on

You had a bad day
You're taking one down
You sing a sad song just to turn it around
You say you don't know
You tell me don't lie
You work at a smile and you go for a ride
You had a bad day
The camera don't lie
You're coming back down and you really don't mind
You had a bad day

(Oh.. Holiday..)

Sometimes the system goes on the blink
And the whole thing turns out wrong
You might not make it back and you know
That you could be well oh that strong
And I'm not wrong

So where is the passion when you need it the most
Oh you and I
You kick up the leaves and the magic is lost

Cause you had a bad day
You're taking one down
You sing a sad song just to turn it around
You say you don't know
You tell me don't lie
You work at a smile and you go for a ride
You had a bad day
You've seen what you like
And how does it feel for one more time
You had a bad day
You had a bad day

posted by Leo at 03:57

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004