<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Wednesday, March 01, 2006

Tampilan ke-100

Bulan Juni 2004, saya diperkenalkan dengan 'blog' oleh Wisa. Kebetulan saat itu saya baru merencanakan perjalanan melihat-lihat Wellington. Jadilah empat tulisan pertama yang tampil di blog berkisah tentang perjalanan Lincoln-Wellington-Lincoln. Saat itu saya masih menggunakan blogdrive sebelum bermigrasi ke blogspot pada bulan September 2004. Topik tulisan-tulisan saya cukup beragam, meski tidak semuanya merupakan tulisan lengkap. Oleh karena itu saya memilih judul 'Tampilan ke-100'.

Berikut adalah statistiknya. Dari 99 tulisan, termasuk tulisan perjalanan ke Wellington, hanya terdapat satu yang berisi foto dan satu yang berisi gambar berjudul tanpa uraian, serta dua tulisan yang hanya berisi ucapan. Di antara 95 tulisan lengkap, sebanyak 20 diantaranya merupakan renungan tentang pengalaman/pengamatan/perbuatan/sikap pribadi. Tulisan favorit saya dari kelompok ini yaitu 'Year in Review: 2005' dan 'Hidup itu Ajaib'. Dua tulisan yang beriringan dan berhubungan. 'Hidup itu Ajaib' saya tulis di bulan Agustus 2005 dan baru saya tampilkan di bulan Desember 2005. Saya anggap tulisan ini juga 'ajaib' karena bisa menciptakan ide tulisan lanjutan yang merangkai semua niat saya untuk menulis tentang lagu-lagu baru yang saya sukai dengan pengalaman saya selama tahun 2005. Hasilnya merupakan tulisan yang terasa sangat pas dengan perasaan saya saat pergantian tahun.

Sebelas tulisan lainnya menceritakan perjalanan saya baik di NZ maupun di tanah air. Meski pengalaman saya bepergian di NZ dipenuhi ketakjuban saya akan keindahan alam NZ, tapi pengalaman saya bertemu dengan orang-orang baru di Lamongan terasa lebih menarik. Tulisan tentang Lamongan juga terdapat di sini dan di sini. Ternyata keakraban berinteraksi dengan orang-orang baru di tanah air lebih berkesan dibandingkan dengan kepuasan menikmati pemandangan alam. Juga kerendahan hati orang-orang yang saya temui dan pengalaman hidup di Lamongan sudah membuat saya semakin mencintai hidup di tanah air.

Sembilan tulisan berikutnya bercerita tentang pengalaman unik/baru, seperti pengalaman merasakan kehadiran hantu dan melihat orang kesurupan. Pengalaman-pengalaman unik lainnya sebenarnya juga saya tuangkan dalam 6 tulisan tentang kegiatan harian/mingguan saya.
Topik-topik lain yang pernah saya tampilkan (masing-masing 5 tulisan) meliputi topik tentang kegiatan atau acara yang saya hadiri, hewan-hewan yang membuat saya takjub, dan kesehatan. Beverly pernah berkomentar kalau saya seperti jodoh dengan burung karena beberapa tulisan saya bertema burung. Tapi dari semua tulisan saya tentang hewan, saya paling puas menulis 'Mengapa Burung Menabrakan Diri ke Jendela Kamar Saya?' karena saya bisa belajar banyak dengan menelusuri website ornithology.

Masing-masing 4 tulisan juga sudah saya tampilkan dengan topik tentang keluarga/orang terdekat, kepedulian terhadap sesama, dan hiburan/acara tv. Dari topik yang pertama, saya menyukai tulisan: 'Yang Saya Ingat tentang Bapak' dan 'Have You Seen an Angel?'. Saya masih ingat kalau dua tulisan ini saya tulis dalam waktu yang relatif singkat, dan hasilnya begitu personal. Untuk topik yang kedua, favorit saya yaitu Tangan yang di Atas. Sementara untuk tulisan bertopik acara tv, saya belum memiliki favorit.

Beberapa tulisan lainnya (masing-masing 3 tulisan) berkisah tentang film, kenangan masa kecil, lagu dan bayi. Topik-topik seperti ini termasuk favorit saya dan rasanya akan terus bertambah di masa mendatang. Misalnya, jika dihitung, banyak sekali tulisan saya yang disertai cuplikan syair lagu. Sementara itu, saya sudah memiliki ide baru untuk tulisan tentang bayi dan kenangan masa kecil, tapi belum sempat dituangkan dalam tulisan lengkap.

Topik lainnya yang pernah saya tulis yaitu hobby (2 tulisan), resep/makanan (2 tulisan), tanaman (1 tulisan) dan olah raga (1 tulisan). Sementara itu masih ada 9 tulisan yang belum sempat saya tampilkan. Beberapa mungkin sudah kadaluarsa, tapi akan tetap ditampilkan bila saya sibuk dan tidak sempat menulis.

Adanya blog sudah membuat saya suka menulis. Apakah hasilnya bagus atau tidak sepertinya bukan masalah. Just Write! Siapa tahu dengan terus menulis, saya bisa lebih banyak menulis seperti ini, tulisan yang saya anggap paling berkesan. Thanks untuk Wisa yang sudah mengajari nge-blog dan membuatkan disain yang just right! Thanks untuk teman-teman yang rajin menengok blog saya, memberi komentar dan menemani saya dalam perjalanan through middle earth. Cheers

posted by Leo at 02:14

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004