<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Sunday, November 19, 2006

Garage Sale

Tidak sulit mencari informasi garage sale di sini. Hampir setiap menjelang akhir pekan, saya membaca banyak iklan mengenai garage sale. Iklannya tersebar di mailing list, papan pengumuman, koran dan papan-papan karton bertuliskan "garage sale" yang disertai tanda panah dan/atau alamat. Biasanya garage sale akan dimulai pukul 9 pagi sampai sore atau tergantung larisnya barang-barang.

Sebagian besar garage sale memang ditujukan untuk melego barang orang-orang/keluarga yang akan pindah, atau melego barang-barang lama karena si pemilik sedang bersih-bersih rumah atau sudah memiliki barang-barang yang lebih baru. Biasanya, garage sale tipe ini memiliki pilihan barang-barang yang terbatas. Namun bila beruntung, banyak barang-barang bagus bisa di dapat. Contohnya, teman saya bisa mendapat satu set perlengkapan piknik, atau teman lain bisa mendapatkan kamera digital 5 mega pixel hanya seharga NZD 60 (Rp. 365 ribuan). Saya juga bisa mendapatkan perlengkapan memasak kue lengkap dan meja tv dari teman yang mengadakan garage sale karena akan pulang ke Jakarta. Tentu banyak bonus dan diskon apalagi karena saya gemar membantu angkut-angkut barang :D Juga mendapat baju batik baru, kotak antik dan kapal phinisi saat Mbak Anna mengadakan garage sale di rumahnya. Lumayan.

Penyelenggara garage sale juga bisa merupakan gabungan beberapa keluarga, komunitas atau organisasi nir laba. Barang-barang yang dijual bisa sangat beragam. Pengalaman mengunjungi Riccarton Sunday Market, membuat saya bisa hampir setengah hari berada di sana, melihat-lihat barang yang dijual. Barang-barangnya tidak semua bekas. Bahkan tanggal 17-19 November di Auckland diselenggarakan garage sale terbesar di NZ. Barang-barangnya merupakan hasil donasi dari masyarakat awam sampai para selebritis. Hasil penjualannya akan disalurkan untuk membantu program pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Sebenarnya banyak keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan garage sale. Kegiatan semacam ini bisa ditujukan untuk mengajak orang untuk menyumbang barang-barang yang sudah tidak terpakai dan hasilnya bisa dimanfaatkan untuk membantu orang lain. Garage sale juga bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan antar tetangga, karena biasanya tetangga akan berdatangan, melihat-lihat barang sekaligus mengobrol, yang mungkin dalam hari-hari kerja sulit dilakukan.

Garage sale juga bisa dikatakan ramah lingkungan, karena barang-barang yang sudah tidak terpakai masih bisa dimanfaatkan oleh orang lain sehingga mengurangi beban sampah yang terbuang. Mahalnya biaya membuang barang yang tidak bisa didaur ulang mungkin juga mendorong orang untuk mengadakan garage sale. Selain itu, rumah menjadi lebih bersih.

Di sini, banyak barang bekas yang dijual di garage sale masih tampak baru karena perawatannya yang bagus. Memang perlu kesabaran jika ingin mendapatkan barang yang murah dan bagus. Terkadang garage sale bisa memberikan pilihan yang lebih ekonomis terutama untuk orang-orang yang hanya menumpang sementara tinggal di NZ, seperti saya. Selain itu, kegiatan berburu garage sale bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Maklum, saya tinggal di desa dan tidak banyak terdapat hiburan :D

posted by Leo at 09:02

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004