<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Sunday, July 16, 2006

Bila Para Dokter Mencuci Mobil

Hari Senin yang hari lalu saya terheran-heran melihat satu iklan di tv. Beberapa dokter tampak menyediakan jasa mencuci mobil di bawah salah satu jalan layang. Di antara mereka terdapat ahli otak, peneliti kecanduan (addiction), peneliti parkinson. Satu dokter tampak memegang sepotong kardus bekas bertuliskan "car wash $5". Dokter dan peneliti lainnya tampak berusaha keras, meski terlihat jelas kurang terampil dalam mencuci mobil. Pesan iklan itu yaitu mengimbau penonton untuk menyumbang sehingga peneliti-peneliti tersebut dapat bekerja dengan tenang dan menghasilkan temuan yang dapat digunakan untuk kemajuan penyembuhan penyakit-penyakit otak. Iklan layanan masyarakat ini muncul karena sampai hari Sabtu kemarin merupakan minggu pengumpulan sumbangan untuk yayasan neurology di sini.

Dari berita dan juga iklan tentang penyakit mental di tv, saya tahu kalau satu di antara 5 orang NZ menderita gangguan mental; suatu rasio yang cukup tinggi. Saya tidak tahu berapa rasio yang sama ditemukan di tanah air. Yang saya pernah baca bahwa jumlah penderita gangguan mental di tanah air sempat meningkat setelah krisis ekonomi dan berbagai bencana. Ini belum termasuk orang yang stress karena tekanan pekerjaan, masalah keluarga, persoalan cinta, dll.

Tapi terlepas dari data-data statistik, iklan para dokter di tv menunjukkan bahwa alokasi dana dari pemerintah belum cukup untuk mendorong upaya penyembuhan penyakit untuk bisa bergerak sama cepatnya dengan munculnya penyakit-penyakit baru. Masyarakat masih sangat diharapkan untuk menyumbang. Dan hasilnya yaitu yayasan neurology di sini tahun lalu bisa menyediakan dana penelitian sebesar NZD 1.5 juta, jumlah yang tidak sedikit.

Saya jadi terpikir dengan upaya penanggulanan flu burung di tanah air yang masih bergerak lambat. Juga teringat dengan dokter gigi saya di Jakarta yang mati-matian mencari dana tambal sulam di tanah air hanya untuk menyelesaikan penelitiannya; suatu kenyataan ironis karena hasil penelitiannya justru mendapat perhatian para peneliti kesehatan gigi di negara Jiran. Saya yakin dana bantuan dari pemerintah memang masih kurang, dan saya hanya bisa berharap bantuan yang bisa dikumpulkan dari dana masyarakat bisa sedikit menambal kekurangan yang ada.

Sumbangan, sekecil apapun, akan tetap bermanfaat. Bila keinginan menyumbang banyak menghadapi keterbatasan, menyumbang dalam bentuk waktu mungkin dapat menjadi pilihan. Sebagai contoh, meluangkan waktu untuk mengirim sapaan dan kabar untuk teman yang kesusahan mungkin bisa memberi hiburan. Atau mendengarkan keluh kesah pembantu di rumah mungkin sudah bisa membuat dia tetap semangat bekerja dan kerasan. Seringkali, beramal waktu bisa memberikan imbalan yang tidak sedikit karena setiap pihak yang terlibat dapat menjadi lebih dekat satu sama lain. Saya salut dengan rekan-rekan lain yang sudah menyumbang; baik yang dalam bentuk sumbangan uang, donor darah, dan sumbangan tenaga dan waktu sehingga penderitaan sesama bisa sedikit teringankan. Jika semua orang tergerak untuk menyumbang, suatu saat tidak lagi diperlukan adanya dokter yang menyediakan jasa mencuci mobil.

posted by Leo at 08:07

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004