<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Monday, June 26, 2006

Saya Ingin...

Maksud hati ingin ikut lomba menulis di blog seperti ajakan hiking, tapi kesibukan sudah menunda semuanya. Namun, sejak ada ajakan itu sampai hari ini, banyak sekali pengalaman hidup yang meski kecil, tapi sudah membuat saya lebih kaya secara moril. Dan bila pengalaman-pengalaman itu dipadukan dengan apa yang saya yakini tentang hidup, hasilnya berupa harapan sederhana seperti ini:

Saya ingin bangun setiap pagi dengan hati gembira. Harapan yang sederhana, meski terkadang terasa berat. Apalagi bila ada pekerjaan menumpuk dengan tengat waktu yang semakin mendesak. Ditambah bila ada permintaan bantuan yang datang mendadak. Ditambah bila hari-hari hanya dihiasi air hujan dan udara beku, tanpa secuil pun kedipan matahari. Ditambah bila suasana di rumah sedang suram karena teman-teman bertengkar. Semuanya bisa membuat bunyi siulan burung di pagi hari seperti suara godam.

Tapi, alhamdulillah, dalam tiga minggu terakhir, keinginan untuk bangun pagi dengan hati gembira bisa terwujud setiap hari. Sebabnya mungkin karena saya sekarang terbiasa untuk hanya mengingat hal-hal yang baik dan indah. Hal-hal yang kurang menyenangkan lebih banyak dibuang. Bila ada pengalaman buruk, saya sudah bisa menemukan kunci untuk memutarnya kembali ke pengalaman yang menyenangkan.

Kunci-kunci yang sudah memampukan saya itu ternyata adalah kemauan untuk memaafkan dan minta maaf. Juga kunci yang mengingatkan untuk lebih banyak membantu orang dibandingkan mengharapkan terlalu banyak dari orang lain. Kunci-kunci itu juga saya temukan dari hasil bercermin dari dua sahabat saya yang baru-baru ini bertengkar luar biasa hebat. Bercermin bahwa kesabaran, berbicara halus dan tenang, serta berpikir rasional lebih menyenangkan dibandingkan perilaku sebaliknya.

Dan bila dunia begitu kompak dalam menutup semua pintu untuk saya di suatu hari, adalah saya yang harus berani berinisiatif mengetuk atau menemukan kuncinya. Salah satu caranya adalah dengan memulai hari dengan suatu rencana. Setiap bangun pagi, saya ingin memiliki semangat untuk melakukan sesuatu, tidak bangun dengan pikiran kosong. Adanya rencana di awal hari menjadikan hidup tidak mudah kosong, tidak pula membosankan. Bilapun rencana itu merupakan suatu rutinitas, saya percaya bahwa ada lebih dari 1 jenis rutinitas dalam sehari yang bisa dilakukan dengan bergiliran, bercampur, dan tetap menyenangkan. Tentu setiap rencana akan membutuhkan usaha karena hidup adalah berusaha.

Berusaha dan bekerja keras rasanya sudah menjadi garis tangan saya. Suatu anugrah yang patut disyurkuri. Saya memang tidak ingin menang lotere yang bisa membuat saya kaya mendadak, karena saya merasa bahwa kesenangan biasanya membawa tantangan yang lebih berat. Sebaliknya, saya sering merasa lega dan berharga bila saya harus berusaha keras untuk bisa mendapatkan yang sedikit, karena saya tahu bahwa apa yang saya usahakan tidaklah sia-sia. Pengalaman dan usaha untuk mencapai suatu cita-cita, keinginan dan harapan rasanya sama berharganya dengan pencapaian.

Bila sudah bekerja keras, tentu saya ingin bisa menikmati hidup dari sisi yang lain. Sisi bermain, sisi yang berisi keriangan. Alhamdulillah, saya bukanlah orang yang terlalu sulit untuk bisa terhibur. Saya masih bisa tertawa untuk gurauan konyol sekalipun. Saya mudah rileks hanya dengan menonton tv atau mendengarkan lagu. Saya bisa berpikir segar kembali hanya dengan berjalan-jalan di tengah kota atau mengobrol. Terkadang saya bisa juga terhibur hanya berdiam di rumah saja. Terkadang saya terhibur dengan cara menitikkan air mata saat melihat berita atau serial tv; terhibur karena saya bersyukur akan hidup saya yang masih baik-baik saja. Saya berusaha mensyukuri yang sepele dan sedikit karena saya tahu, semuanya ini menjadikan saya tidak mudah cemas atau kesepian bila bepergian jauh.

Satu saja keinginan yang masih menjauh dari gapaian tangan adalah keinginan untuk mendapatkan cinta yang tulus ikhlas. Saya hanya ingin cinta yang sederhana, apa adanya, karena cinta berhias sangatlah sulit untuk dipelihara. Saya memang jauh dari romantis, juga jauh dari sikap mencintai yang menggebu-gebu. Saya hanya seorang biasa-biasa saja, yang berusaha memelihara segala sesuatu agar awet dan yang hanya bisa menyediakan tempat untuk berbagi di penghujung hari. Terkadang ada rasa iri bila melihat teman-teman saling berpasangan, tapi di saat yang sama, saya masih bersyukur karena saya masih memiliki kebebasan yang sedikit lebih dibandingan mereka. Saya hanya percaya bahwa setiap tahapan kehidupan memiliki misi masing-masing, dan tentu saja, saya tidak akan berhenti untuk berusaha.

Alhamdulillah, nikmat syukur itu ternyata lebih besar. Seperti pelukan anak teman yang mungil dan lucu, yang selalu mengulurkan tangan minta gendong setelah melihat saya. Seperti tawa segar saat melihat episode film seri Friends yang diputar berulang-ulang. Seperti makanan lezat yang dibawa teman, yang tiba-tiba muncul di depan pintu office dengan sekeranjang lengkap lunch+dessert hanya untuk saya. Semuanya, meski sedikit, sepele dan sederhana, sudah membuat saya merasakan hidup yang penuh dengan keberuntungan. Dan semuanya sudah membuat saya bisa bangun setiap pagi dengan hati gembira.

posted by Leo at 10:09

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004