<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Sunday, March 27, 2005

Mengapa Tidak Tidur Siang?

Saat libur, saat istirahat. Teman-teman di flat pun tampak tidur lebih lama. Siang tadi, saat pukul 2 siang, suasana begitu tenang seakan flat kosong. Saya tetap menulis, sambil menonton tv. Saya ingin tidur siang, beristirahat, tapi tidak bisa.

Kebiasaan tidur siang hanya berlaku sampai saya kelas 3 SD. Saat saya kelas 4 SD, Ibu memutuskan untuk tidak memiliki pembantu dan kami serumah pun mulai berbagi tugas. Sejak itu saya melupakan kebiasaan tidur siang. Saya terus aktif mulai matahari terbit sampai terbenam, dan malam hari adalah waktu istirahat termasuk tidur.

Pola hidup ini berlanjut. Meski saya juga merasa mengantuk saat bekerja, khususnya antara jam 10-11 dan jam 14-15, saya tetap tidak bisa tidur di siang hari. Lain dengan dua teman saya yang asyik di cubicle-nya, menyetel lagu klasik dengan volume rendah dan tertidur; kadang-kadang dengan dengkuran halus, yang justru membuat rasa kantuk saya hilang. Pengecualian bila saya sakit, dan bila saya naik kendaraan dalam perjalanan jauh, saya baru bisa tidur siang.

Beberapa penelitian menunjukkan kegunaan tidur siang. Menurut Dr. James B. Maas, seorang psikolog dari Cornell University dan penunis buku "Power Sleep", terdapat dua jenis tidur siang. Jenis yang pertama yaitu "reviving nap", yang berlangsung cukup singkat dan bertujuan untuk menyegarkan otak; sedang jenis yang kedua merupakan tidur siang "bayar hutang" karena kurang tidur di malam hari.

Dr. Maas mengungkapkan, tidur siang hanya bisa menyegarkan otak bila berlangsung tidak lebih dari 30 menit. Efek yang didapat terutama berupa peningkatan konsentrasi. Pekerja yang tidur siang sekitar 10-20 menit sehari, di samping tidur malam yang cukup (8 jam), biasanya akan lebih produktif, jarang melakukan kesalahan dan memiliki frekuensi gangguan kesehatan lebih rendah. Hasil penelitian NASA terhadap para pilot juga menunjukkan efek yang hampir sama.

Tiga teman baik saya juga ternyata penyuka reviving nap. Saat kuliah, seorang teman bisa tertidur 10 menit tapi kemudian bisa menjawab pertanyaan dosen dengan lancar; seolah dalam 10 menit itu dia bermimpi bermain-main dengan rumus yang ditulis dosen di papan tulis. Ada juga yang di tengah rapat, tiba-tiba dengan tenang menundukkan kepala, tanpa suara, tertidur selama 5-10 menit; tapi saat terbangun masih bisa berpendapat dan bergurau. Satu teman lain bila menyetir mobil siang hari, dalam beberapa jam selalu minta berhenti. Langsung setelah mobil menepi dan berhenti, dia membuka jendela dan tertidur; seperti orang dihipnotis, tidak bergerak. Sekitar 15 menit kemudian, dia terbangun dan bisa kembali menyetir dengan tenang, bahkan lebih lama. Alangkah beruntungnya mereka, bisa tidur siang, sangat singkat, tapi nyenyak dan bisa kembali segar.

Bila di jaman dahulu banyak orang terbiasa tidur siang, sekarang orang berusaha menghindari tidur siang. Kopi dan snack siang biasanya diadakan untuk menjaga pekerja bisa beristirahat sejenak dan tetap produktif. Namun hasilnya justru sering berkebalikan, karena otak tidak memiliki jeda untuk beristirahat dan orang menjadi mudah gemuk dan mendapatkan efek negatif dari kafein.

Meski efeknya cukup baik, reviving nap hanya efektif bila seseorang juga cukup tidur di malam hari. Bila tidur malam kurang, seseorang cenderung akan tidur siang lebih lama, yang menurut banyak ahli, justru dapat mengganggu jam biologis dan membuat sulit bangun pagi. Dr. Maas menganjurkan tidur siang antara 15-30 menit, sebagai tambahan dari tidur malam yang cukup. Bila bekerja, selalu pasang alarm agar tidur siang tidak berlebihan, dan untuk menghindari kesan etos kerja yang buruk.

Sekarang saya sudah tahu efek baik dari tidur siang; sudah pula memiliki niat dan semangat untuk tidur siang, apalagi saat liburan seperti ini. Tapi mengapa tetap tidak bisa tidur siang? Ah, sudahlah... Meski tidak bisa tidur siang, paling tidak sudah ada tulisan baru untuk blog. Selain itu, saya masih tetap menikmati indahnya pemandangan orang tidur siang... Begitu lelap dengan nafas yang teratur... sambil mendengarkan lagu In My Dreams dari Reo Speedwagon.


In My Dreams (Reo Speedwagon)

There was a time some time ago
When every sunrise meant a sunny day, oh a sunny day
But now when the morning light shines in
It only disturbs the dreamland where I lay, oh where I lay
I used to thank the lord when I'd wake
For life and love and the golden sky above me
But now I pray the stars will go on shinin', you see in my dreams you love me

Daybreak is a joyful time
Just listen to the songbird harmonies, oh the harmonies
But I wish the dawn would never come
I wish there was silence in the trees, oh the trees
If only I could stay asleep, at least I could pretend you're thinkin' of me
'Cause nighttime is the one time I am happy, you see in my dreams

Chorus:
We climb and climb and at the top we fly
Let the world go on below us, we are lost in time
And I don't know really what it means
All I know is that you love me, in my dreams

(Solo)
I keep hopin' one day I'll awaken, and somehow she'll be lying by my side
And as I wonder if the dawn is really breakin'
She touches me and suddenly I'm alive

Oho, in my dreams
Sumber inspirasi: Science Times

posted by Leo at 18:59

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004