<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Sunday, May 15, 2005

Chiropractic dan Kinesiology

Saat awal kedatangan saya di NZ, saya pernah mondok selama 3 bulan di rumah seorang dokter ahli chiropractic dan kinesiology. Menurut web definition, chiropractic itu semacam terapi medis yang mencakup penyesuaian/modifikasi/pengembalian posisi dan fungsi tulang belakang dan otot, baik melaui pengurutan, latihan dan nutrisi. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa sakit serta mengembalikan dan menguatkan fungsi tulang dan otot. Kinesiology hampir serupa tapi lebih difokuskan aktivitas fisik dan fisologi manusia seperti kualitas pergerakan fisik, respon fisik, serta pengaruh sosial-budaya, dan sejarah fungsi motorik dan pergerakan fisik manusia. Keduanya digunakan untuk menstimuli tubuh untuk "menyembuhkan sendiri".

Artikel di Kompas Online menyebutkan jumlah chiropractor dan kinesiologist di Indonesia masih sedikit. Di negara-negara maju, jumlah chiropractor dan kinesiologist sudah cukup banyak. Mereka dokter dan pengobatannya juga sudah dicakup polis asuransi kesehatan. Di NZ, chiropractor dan kinesiologist menjamur karena para Kiwi suka mendaki gunung, lari/bersepeda cross-country, ski dan segala macam outdoor activities; jadi banyak kejadian patah tulang, salah urat, dll. Kalau cedera, biaya pengobatan akan ditanggung badan yang dibiayai pemerintah, ACC (Accidental Compensation Corporation). Biaya yang ditanggung termasuk biaya perawatan, biaya operasi, kompensasi gaji yang hilang selama cedera, dan uang untuk menyewa suster atau pembantu di rumah selama cedera akan, ditanggung maksimum 100 persen oleh ACC.

Beberapa bulan lalu, lutut saya pernah bergemeletak dan terasa sakit bila dipakai squat atau leg-press di gym. Selain itu, kalau duduk terlalu lama, lutut kiri saya seperti terkunci, kaku, sakit dan panas. Setelah diperiksa dokter, kesimpulannya saya mengalami cedera dan dilaporkan ke ACC. Namun karena yang memeriksa dokter umum (dan dia harus mengecek ke buku untuk memastikan cedera--rasanya dokter di Indo tidak pernah konfirmasi atau cek ulang ke ensiklopedia kedokteran untuk memastikan diagnosa), dia hanya dapat menyarankan saya untuk istirahat dari berlari, latihan kaki dan kegiatan mengangkat benda berat. Setelah sebulan, saya boleh latihan kaki lagi; tapi bila lutut saya tetap terasa sakit, saya harus operasi. Panik!!! Apalagi informasi yang saya dapat dari internet menyebutkan bahwa operasi kadang-kadang bisa membuat keadaan lutut semakin parah, apalagi bila dilakukan pada usia muda.

Setelah satu bulan beristirahat, saya memutuskan pergi ke tempat praktik mantan Ibu kost, tidak ke rumah sakit. Beliau termasuk chiropractor yang laris karena berpraktik di dua kota yang berlainan pulau. Meski saya cuma mengeluh masalah lutut, Beliau memeriksa semua persendian. Ternyata tidak hanya lutut kiri (otot cartilage bergeser dari posisinya dan terjepit di antara tulang), tapi juga lutut kanan, hamstrings-tulang kering-betis-gluteal karena terlalu lama duduk, pinggang bawah karena posisi duduk tidak benar, dan pangkal leher karena ada otot yang terjepit di pangkal leher kiri dan menyebabkan kelingking terasa kaku. Banyak juga. Untuk membenarkan kelingking, tidak saja pangkal kelingking yang diurut tapi juga pangkal leher, dan tulang rusuk. Menurut Beliau, otot di kelingking dan semua jari-jari berhubungan dengan otot dada. Jadi saya perlu sekali-kali mengurut pelan-pelan bagian tepi tulang rusuk untuk melonggarkan otot-otot jari yang kaku.

Satu hal yang paling menarik, kinesiology bisa digunakan untuk menghilangkan kebiasaan mimpi buruk! Ternyata ada juga jawaban medis untuk mengobati kebiasaan merasa ada hantu, mimpi buruk dan perasaan tidak enak lainnya. Ini perawatan bonus. Prosedurnya: mula-mula nadi di tangan kanan saya ditekan beberapa detik, lalu satu titik di belakang leher. Kemudian ibu jari dan telunjuk tangan kanan saya direnggangkan sementara pergelangan tangan saya diketuk-ketuk. Sambil melakukan ini, Ibu kost meminta saya untuk memikirkan bayangan yang sering muncul dalam mimpi. Lalu titik di belakang leher saya diperiksa lagi. Selesai satu tahap. Tahap kedua, satu titik sekitar pusar ditekan beberapa detik, dilanjutkan dengan prosedur merenggangkan jari dan pengetukan nandi untuk tangan kiri. Setelah sekitar tiga menit, perawatan selesai.

Semua prosedur pengobatan berlangsung 30 menit. Lutut saya sekarang sudah tidak terasa sakit dan saya sekarang bisa leluasa berlatih leg-press lagi. Rasa lutut terkunci bila terlalu lama duduk juga hilang. Saya juga sekarang bisa tidur nyenyak tanpa lampu. Semoga lutut saya bisa benar-benar sembuh dan saya terbebas dari operasi.

posted by Leo at 01:01

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004