<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Sunday, May 29, 2005

Lawak dan Lucu

Pada periode tahun 80-an, banyak group lawak bermunculan, bahkan sampai membuat kaset. Srimulat mulai masuk tv, Jayakarta Group berjaya, dan kelompok Ateng-Iskak-Edi Sud-Darto Helm masih unjuk gigi. Selain itu Kamera Ria atau Aneka Ria Safari selalu dilengkapi dengan group lawak.

Di rumah, kami mengoleksi beberapa kaset lawak. Ibu terutama suka sekali dengan ludruk Jawa Timuran. Saya juga senang mendengarkan ludruk dengan judul Manuk... apa ya... kok lupa pas sudah mau ditulis... Saat itu bahasa Jawa saya masih lancar, sebelum terimbas pergaulan dengan anak-anak tetangga. Saya juga suka kaset Jayakarta Group dengan komposisi lengkap Jodjon, Uu, Cahyono dan Ester. Jodjon dan Ester merupakan favorit saya, karena kalau di tv mereka kerap jadi 'korban'. Satu yang saya tidak pernah lupa dari kaset itu: saat Jodjon 'menginterogasi' Uu: "nama kamu siapa?"... Jawabnya "tulis"... Lawakan yang mungkin sekarang sudah basi...tapi karena Uu dan Jodjon bertanya-jawab dengan aksen heran dan 'oon', saya bisa terpingkal-pingkal meski sudah mendengarkannya berpuluh-puluh kali. Ibu sampai sudah terbiasa melihat anaknya terpingkal-pingkal sendiri saat menyetel kaset lawakan yang sama berulang-ulang.

Dari sekian banyak group lawak, pelawak wanita-nya bisa dihitung dengan jari. Kalaupun kerap muncul, mereka sebagian besar seperti cheerleaders. Mereka seolah terkalahkan dengan kelucuan Ester, Tata Dado, Tessy, Karjo AC-DC, dll. Perkecualiannya adalah almarhumah Ratmi B-29 dan Sofia dari Srimulat. Kalau sekarang yang sama lucu-nya termasuk Nunung dan teman sekampung Dek Isna yaitu Mbak Yati Pesek. Ada lagi yang lain? Mungkin Ulfa.

Kenapa orang bisa selucu mereka? Pandai melucu mungkin karena bakat alami atau kreativitas atau campuran keduanya. Misalnya, para pelawak sering menggabungkan antara slapstick dengan ekspresi (Jodjon mengambil Chaplin sebagai contoh), aksen (etnis tertentu), penampilan (ber'ganti' gender, kostum, atau sekedar rambut berjuntai "stuck on you", dll.), atau kepiawaian bersilat lidah.

Group-group lawak itu akan selalu dapat penggemar, terutama selama saya masih hidup! Saya termasuk orang yang mudah tertawa bila mendengar sesuatu yang lucu, meski terkadang orang lain belum tentu berpendapat sama. Jadi mohon maklum untuk teman-teman yang gemar bergurau dan memang lucu, karena kadang-kadang (atau sering) saya cepat tertawa kalau lihat sosok kalian atau mendengar komentar-komentarnya. Bukan berarti saya menganggap mereka sebagai pelawak atau obyek tertawaan, tapi kepandaian bergurau teman-teman memberi persepsi bahwa mereka orang yang riang dan suka membawa suasana keriangan. Thanks sudah beramal gurauan dan membuat saya tersenyum, tertawa dan melonggarkan simpul-simpul syaraf saya. Apa jadinya kalau dunia penuh orang seperti saya yang susah melucu... We want you! We want more!

posted by Leo at 01:00

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004