<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d8473658\x26blogName\x3djust+write!\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nozeano.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nozeano.blogspot.com/\x26vt\x3d2378614178765346968', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
 just write!
a journey through middle earth
Sunday, July 24, 2005

Satu Tahun Lebih

Sudah lebih dari satu tahun saya menggunakan blog untuk menulis, mengungkapkan semua uneg-uneg dan pengalaman. Bahkan dengan blog, saya bisa berlatih menulis yang terkadang membuat saya sendiri takjub bahwa saya bisa menulis begitu panjang dengan topik yang beragam.

Awalnya dari Wisa yang menyarankan saya untuk menggunakan blog sebagai sarana untuk berbagi pengalaman. Wisa juga berbaik hati sudah mendisain blog (dulu bermukim di blogdrive) dan memilihkan tag yang sesuai dengan tempat tinggal dan kesukaan saya dengan trilogi LOTR: "A Journey Through Middle Earth". Adapun pilihan nickname "nozeano" saya pilih sendiri berdasarkan ingatan saya saat berlayar dari North Island ke South Island, NZ sambil mendengarkan lagu "Oceano" dari Josh Groban. Jadi nozeano merupakan kenangan indahnya Cook strait dan suara Josh Groban dalam "Oceano".

Tambahan tag "Just Write" saya pilih karena saya memang berniat untuk menggunakan blog saya untuk sarana ungkapan hati. Pokoknya menulis, mau itu hasilnya bagus, jelek, biasa, datar, monoton, mengasyikan, mengharukan, membanggakan, menjengkelkan, menyangsikan, dll. semuanya terserah pembaca. Saya hanya ingin menulis. "Just Write" juga bisa diselewengkan dengan "Just Right" bila saya merasa ungkapan saya sangat cocok dengan hati saya sehingga setelah menulis, saya bisa merasa plong, just right!

Tag "A Journey Through Middle Earth" akhir-akhir ini saya rasakan juga begitu berarti karena dalam sekian banyak tulisan yang sudah saya buat (beberapa sudah mengantri dalam bentuk draft), saya merasa berada dalam suatu perjalanan panjang dalam dunia yang begitu dalam. Perjalanan untuk belajar dan mencari apa inti dari pengalaman saya dalam hidup. Terkadang hasilnya berupa tulisan yang membuat saya puas, kadang menjadi tulisan yang membuat orang lain sangsi bahwa itu merupakan cerminan "jati diri" saya. Semuanya bagai pernak-pernik pengalaman yang dinamis dan beragam yang alhamdulillah bisa saya ungkapkan sekedarnya. Saya tidak membatasi pendapat orang, karena perjalanan saya masih dan akan panjang dengan begitu banyak hal yang bisa disusun dalam struktur tulisan yang membuat saya plong, sekaligus belajar.

Saya berterima kasih kepada Scott Benson, guru bahasa Inggris saya yang dulu menyakinkan saya bahwa saya harus banyak menulis karena memiliki gaya yang lain. Saya sendiri juga merasa nyaman dengan bahasa tulisan. Sebenarnya bahasa lisan saya juga tidak buruk bahkan beberapa orang sampai merasa kewalahan bila saya ajak beradu analisa. Tapi terkadang saya surut dan mengalah bila orang yang saya hadapi termasuk orang-orang yang saya hormati dan cintai. Bila dalam lisan saya bisa mengalah dan sedikit berbohong, dalam tulisan saya bisa tampil sekedarnya, apa adanya.

Dalam perjalanan bersama blog, saya juga banyak mendapat teman baru, bahkan sempat bertemu. Sesuatu anugrah yang luar biasa, yang dulu tidak terbayangkan. Dengan membaca pengalaman dan pendapat orang, saya semakin belajar karakter dan ragam orang. Oleh karena itu, sudah layak bila saya juga berterima kasih pada teman-teman bloggers yang sudah mau meluangkan waktu mampir, meninggalkan pesan dan komentar, tukar pesan dan bertemu. Semoga pertemanan kita terus berlanjut. Pesan dan kesan dari teman-teman selalu saya terima dengan lapang dada. Yang penting tuliskan saja... just write!!!

posted by Leo at 11:46

Profile
Leo*
Jakarta
All mixed-up: hardworking-daydreaming, tolerant-ignorant, hectic-dynamic, sophisticated-complicated, simple-subtle
Ding of the Weeknew!
Just Write!

Free shoutbox @ ShoutMix
Archives
Previous Posts
Fellow Bloggers
Blog Essentials
Links
Credits
Powered by Blogger.cOm  Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.cOm  Shoutbox by ShoutMix.cOm
Skin Design by Wisa © 2004